Senin, 06 September 2010

Snow Skin Moon Cake yang Dingin

Tradisi bulan purnama selalu dinantikan oleh warga Tionghoa. Sebab, saat itu, dipercaya Dewi Bulan yang membawa berkah akan menampakkan dirinya. Tak mengherankan bila momen tersebut digunakan untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati kue bulan (moon cake). Itulah sebabnya tradisi ini dinamakan juga sebagai Festival Kue Bulan (Mid Autumn moon cake festival)

Ada banyak pilihan rasa moon cake tradisional. Antara lain biji teratai putih, teratai merah, dan kacang merah. Ada juga variasi moon cake yang lebih modern dengan bahan filling dari teh hijau dan pandan. Ada satu lagi variasi moon cake yang ukuran, tekstur, dan cita rasanya berbeda dari moon cake yang sudah umum. Dinamakan, snow skin moon cake.

Menurut Executive Chef Hotel Shangri-La Surabaya Goh Wooi Cheat ada perbedaan cara pembuatan dari snow skin moon cake dibanding moon cake lain. Pada moon cake, membuat adonan kulit, lantas diisi bahan isian. Setelah itu dicetak dengan alat khusus moon cake kemudian, di oven hingga matang.

Pada snow skin moon cake, proses pematangannya tak perlu di oven. Jadi, tepung kowloon, khusus membuat moon cake, di oven dalam suhu 150-170 derajat Celsius selama 7-8 menit. Setelah itu, tepung diolah, diberi bahan isian, dibentuk, dan kemudian dimasukkan chiller paling cepat 10 menit. Tujuannya, rasa dingin tak hanya di permukaan kulit, tapi sampai ke bagian isi moon cake tersebut. ''Ketika hendak dihidangkan, snow skin moon cake dikeluarkan dari chiller. Dan, bagian atasnya diberi taburan tepung sehingga seperti salju,'' terangnya.

Karena itu, jenis snow skin moon cake ini sebaiknya segera dinikmati selagi dingin. Sebagai variasi bahan isian, bisa menggunakan sarang burung wallet. Dim sum chef Bambang Kurniawan menambahkan, sengaja dipilih sarang burung wallet impor. Agar, tampilan dan rasanya lebih baik. ''Kalau pakai yang lokal, tampilannya moon cake jadi buram. Dan, rasanya berbeda,'' paparnya.

Sarang burung tersebut direndam air panas hingga lembut. Bambang tak menyarankan merebus sarang burung wallet. Nanti, teksturnya sarangnya jadi rusak. ''Bila sudah lembut, baru bisa ditambahkan dengan bahan-bahan lain,'' lanjut chef 38 tahun tersebut.

Variasi snow skin moon cake lainnya adalah menggunakan bahan isian green tea. ''Yang berbeda hanya bahan isian dan warna,'' kata Bambang. Bila isinya green tea otomatis warna moon cake hijau. Sementara, bila isinya sarang burung wallet, warna moon cake kuning. ''Kuning itu bukan bahan pewarna. Melainkan, dari tepung custard. Tepung custard yang menjadi bahan membuat kulit, bila terkena air, warnanya jadi kuning. Jadi, tak ada tambahan warna lagi,'' terangnya.


Source : http://www.chinatownology.com
Temukan hadiah yang unik dan menarik untuk orang-orang terkasih di toko bunga & parcel online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar